Saturday, November 8, 2008

Berburu Bakso di Kota Patria


Wisata kuliner di Blitar ala Waimana Blog ( 2 )

Penulis Waimana Blog adalah penggila bakso, tetapi selama tinggal dibali belum ada bakso yang rasa bintang lima harga kaki lima. Di Denpasar jika ingin menikmati bakso rasa bintang lima harganyapun bintang lima plus plus, meskipun banyak penjual bakso kaki lima rasanyapun kaki lima, yang mayoritas penjualnya orang jawa. Dan ketika berkunjung ke Blitar kenapa tak saya sempatkan makan bakso dengan rasa aslinya, kan sama-sama orang Jawa. Salah satu teman penulis merekomendasikan beberapa tempat tongkrongan bakso seperti bakso Blambangan yang ada di jalan Kusumabangsa-Kanigoro, bakso Cendol ( lupa nama desanya, desa Tumpang ke timur, jika pergi ke Malang melaui jalan tikus alias jalan alternative pasti bisa menemukan bakso cendol yang ada di kiri jalan bila dari Blitar ), bakso Gangsar yang ada di jalan TGP-Blitar, bakso urat President yang ada dijalan Seruni-Blitar.

Dari kesekian rekomendasi yang penulis dapat, semua dikunjungi, tetapi yang paling sesuai dengan lidah penulis hanya ada dua yaitu bakso Cendol dan bakso Gangsar. Ketika penulis mampir di kedai bakso Cendol dengan suami, penulis langsung jatuh cinta dengan rasa kuahnya yang segar, bening dan gurih, juga tekstur baksonya yang lembut dan kenyal. Sekalipun sederhana, dan tak banyak pilihan untuk isinya ( 1 buah bakso ukuran besar, 4 buah bakso ukuran medium, bihun dan tahu), bakso Cendol mempunyai rasa gurih yang khas, dan kaldu yang tipis dipadu dengan slice daun bawang membuat bakso Cendol terasa segar. Cukup dengan Rp. 4000,- per porsi pembaca/ penikmat kuliner bisa mendapatkan bakso idealdan dijamin pasti nambah. Untuk ke bakso Cendol dari kota Blitar kira-kira 30 menit dengan menggunakankendaraan pribadi.

Hunting bakso kali ini diteruskan di kawasan kota, penulis dan suami meluncur ke jalan TGP, 10 menit dari penginapan. Ruangan yang berukuran 4mx3m terasa panas dengan padatnya pengunjung. Tetapi penulis rela bermandi keringat demi memuaskan rasa penasaran akan kenikmatan bakso. Di kedai bakso Gangsar ada beberapa pilihan isi seperti pangsit goreng, siomai, bakso urat, bakso telur, bakso isi dan bakso polos. Rp. 6000,- per porsi untuk bakso dengan isi lengkap. Kuahnya sedikit berbeda, kedai bakso Gangsar memiliki kuah yang sedikit berlemak, dengan rasa bawang putih yang sedikit menonjol. Karena letaknya dipinggir jalan raya, area parkirnya kurang luas dan mudah dijangkau.

No comments:

Post a Comment