Friday, July 18, 2008

IKAN BUNTAL BERACUN ?

Siapa yang tak kenal ikan yang bertubuh gendut, mata besar dan berduri pokoe geli kalau baru pertama lihat tapi uenaknya itu lho.....ngalahin daging ayam. Kita sadar bagaimana paranoitnya masyarakat kebanyakan terhadap ikan buntal. Sudah tersebar opini pada khalayak banyak bahwa ikan buntal beracun, awal mulanya saya juga termasuk manusia parno dengan ikan buntal yang sudah banyak memakan korban. Tetapi setelah saya buktikan sendiri untuk memakan dia e.........ternyata saya masih hidup sampai sekarang, meski awalnya ragu sih.

Dari hasil jerih payah sang suami memanah ikan, saya bisa menikmati ikan buntal kuah asam yang dimasak saudari suami. Ketika kami makan ikan buntal banyak orang bertanya dan heran,
" benar ikan ini bisa dimasak? beracun lho" salah satu kawan lokal bicara
" hati-hati lho, ikan itu beracun " kawan yang lain berceloteh
" ya..... kami orang Flores suka makan yang beracun " saudara kecil suami menjawab
Ah.....tapi persetan dengan omongan mereka yang membuat nyali saya ciut, masak suami sendiri mo kasih racun keistri? nggak lah kan sayang......, dan kalaupun beracun pasti matinya rame-rame jadi nggak takut.

Satu jam saya menunggu, akhirnya ikan buntal kuah asam matang juga, aromanya itu lho wuih.........sedap bo!!!!! kuahnya yang coklat dengan sedikit lemak, daging ikan yang putih bikin perut saya menangis krucuk-krucuk. Kami makan malam rame-rame pas kebetulan juga adik suami dari kampung datang pas deh. Melihat suami dan saudaranya bisa memuaskan kerinduan akan masakan kampung saya senang sekali. Tapi yang bikin tidak senang adalah menunggu efek samping dari ikan buntal, mati atau hidup hanya itu.

Satu jam, dua jam , tiga jam sampai empat delapan jam dan sampai saya tulis cerita ini ternyata saya masih hidup, tidak menjadi korban ikan buntal yang kesekian kali. Trimakasih kepada Tuhan. Perlu diketahui, ada dua jenis ikan buntal. Ikan buntal berduri pendek dan ikan buntal berduri panjang, untuk ikan buntal konsumsi adalah ikan buntal yang berduri panjang sedangkan yang beracun adalah yang berduri pendek. Nah............semoga dengan saksi hidup ini paranoit terhadap ikan buntal terobati berikut resep dari mertua bagaimana masak ikan buntal kuah asam.
Bagi yang masih ragu mana ikan buntal beracun dan tidak beracun sebaiknya jangan di konsumsi karena bisa berakibat fatal

IKAN BUNTAL KUAH ASAM

Bahan :
1 ekor ikan buntal fillet
1 ruas kunyit iris tipis
1 ruas jahe iris tipis
3 batang serai memarkan
1 ruas lengkuas iris
1 cup air asam
secukupnya garam
secukupnya gula

pelengkap : bawang goreng

No comments:

Post a Comment