Saturday, October 11, 2008

Terites, makanan dari kotoran kambing

Terites, makanan dari kotoran sapi dan kambing

Terites dalam bahasa Karo berarti pahit, merupakan makanan budaya suku Karo pedalaman. Terites biasa dimasak pada upacara “ merda merdun “ yaitu upacara tanda dimulainya musim tanam padi. Bahan terites adalah kotoran kambing atau sapi. Terbayang dalam benak kita betapa menjijikannya terites, karena terbuat dari kotoran binatang.

Kotoran yang dipakai sebagai bahan baku bukanlah kotoran yang sudah dikeluarkan, melainkan sisa makanan yang masih didalam perut. Kotoran yang berbentuk rumput ( seperti ditumbuk ) dipras untuk diambil sarinya. Air sari yang berwarna hijau befungsi sebagai kuah, ditambah bumbu seperti asam, jahe, kunyit, serai, dan rempah lain, terites dimasak dengan kikil, kaki kambing, atau kepala kamping/sapi selama tiga jam.

Aroma khas yang dihasilkan oleh perasan kotoran sapi/kambing member cita rasa tersendiri. Kandungan tanin pada terites dapat mengobati penyakit, selain itu terites juga dipercaya dapat mengobati mag

1 comment:

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    Artikel kuliner terhangat
    Artikel anda di infogue

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    ReplyDelete