Saturday, October 11, 2008

Tempe makanan murah kaya manfaat

Ada banyak jenis tempe yaitu tempe kedelai, tempe kacang ( dari kacang merah ), tempe gembos ( dari ampas tahu ), tempe benguk ( dari biji benguk ). Makanan hasil fermentasi dari kedelai dan jamur Rhizopus Oligosporus ini banyak disuka karena rasanya yang enak, harga yang murah dan mudah didapat. Sepotong tempe mengandung zat yang bermanfaat seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten dan antibakteri.

Tempe juga mengalami peningkatan nilai gizi dan vitamin B2, B12, niasin, dan asam pantorenat. Hasil analisis menunjukan kandungan niasin pada tempe 1.13mg/100gr. Kandungan meningkat setelahkedelai difermentasi menjadi tempe, karena kadar niasin pada kedelai berkisar 0.58mg.

Pada tempe juga ditemukan zat antioksidan dalam ventuk isoflavon. Seperti vitamin C, E dan karotenoid, isoflavon sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikan bebas. Isoflavon pada tempe ada tiga yaitu daidzein, glisitein, dan genistein. Tempe mempunyai isoflavon paling kuat dari pada kedelai.

Manfaat tempe :
  1. Mengatasi diare, karena tempe mempunyai protein yang tinggi sehingga mudah dicerna oleh tubuh.
  2. Menurunkan tekanan darah, kandungan zat besi dan flafoid mempunyai sifat antioksidan.
  3. Superoksida dismutase dapat mengendalikan radikan bebas, sehingga baik bagi penderita jantung.
  4. Zat besi (Fe), tembaga (Cu), seng (Zn), protein, asan folat dan vitamin B12 dapat menambah kadar hemoglobin sehingga baik untuk menanggulangi anemia.
  5. Senyawa anti bakteri yang diproduksi Rhizopus Oligosporus meminimalkan terjadinya infeksi.
  6. Daya hipokolesterol
  7. Menolak kanker, karena tempe mempunyai sifat antioksidan.
  8. Mencegah timbulnya hipertensi.
  9. Kalsium yang tinggi pada tempe dapat mencegah osteoporosis.

No comments:

Post a Comment